Monday, January 2, 2012

Muffin Streusel Topping


Kunci untuk membuat Muffin yang enak adalah tidak berlebihan pada saat mencampur adonan. Setelah bahan cair dan kering tercampur menjadi satu, aduk dengan tangan sampai lembut tapi tidak lebih dari 10 detik!!, terlalu banyak waktu saat mencampur adonan akan membuat muffin menjadi kering, keras atau gagal.  

Ini adalah resep dasar muffin, anda bisa menambahkan isian atau topping apa saja sesuai selera anda. Membuatnya mudah dan cepat.


Bahan:

2 cup, Terigu, ayak.
1/2 cup, Gula halus
1 sdm, Baking powder
1/2 sdt, Garam
1 cup, Susu segar
1 sdt, Vanila
2 bh, Telur (kalau telurnya besar 1 saja cukup)
1/2  cup, Mentega cair




Masak Yuuk :

Panaskan oven kira-kira 204*C.
Campur terigu, baking powder dan garam.


Panaskan mentega sampai meleleh tapi jangan sampai panas, sisihkan pada suhu ruangan supaya tetap mencair dan jangan kembali membeku.
Kocok telur dalam mangkok terpisah, tambahkan gula halus, susu dan vanila.


Olesi Loyang Muffin dengan mentega



dan taburi dengan terigu atau gunakan kertas kue.


Tuang sedikit demi sedikit mentega cair yg sudah agak dingin ke dalam adonan telur sampai habis (jangan menuang mentega cair panas ke dalam campuran telur, karena panasnya mentega akan membuat telur matang dan akan merusak adonan).


Tambahkan adonan kering (terigu,bpd an garam), aduk rata sampai kental dan halus tapi jangan lebih dari 10 detik karena kalau lebih akan membuat muffin keras, segera setelah bahan kering dan basah tercampur, baking powder akan bekerja dan sebaiknya adonan harus segera dipanggang.


Perlahan tuangkan adonan ke dalam Loyang muffin


Taburi dengan remah-remah Streusel (resep nya ada dibawah ini).


Panggang sampai matang kira-kira 20 menit atau masukkan tusuk gigi untuk mengecek kematangannya. (segera setelah bahan kering dan basah tercampur, baking powder akan bekerja dan sebaiknya adonan harus segera dipanggang)

Muffin hangat dan empuk enak dinikmati dengan minuman panas ataupun dingin.


Happy cooking and eating ^-^

No comments: