Monday, October 17, 2011

Ikan Bumbu Kari ala Pakistan (Pakistan Fish Curry)



Saya kurang tau ikan ini ada nggak di Indonesia, namanya Rohu atau Rui atau Labeo Rohita. tapi mungkin bisa diganti dengan ikan bandeng karena rohu fish jg punya duri banyak seperti bandeng.

Bahan :

1 kg Ikan Rohu (bisa diganti dengan Bandeng atau jenis ikan tawar lainnya seperti Bandeng atau Ikan Mas), buang sisiknya, bersihkan isi perutnya, cuci bersih potong2 kira2 menjadi 8 bagian. Lalu rendam di air Lassi (campuran dari yoghurt dan air) kira-kira 1 jam, lalu bersihkan sekali lagi, tiriskan.

1 bh Bawang bombay ukuran besar, kupas cincang.
2 sdm Jahe tumbuk
1 sdm Bawang putih tumbuk
1 bh Tomat ukuran besar, kuaps iris halus
2 lbr Daun salam
4-5 bh Cabe rawit iris halus
4-5 bh Cabe merah iris halus (saya pakai 1 sdt cabe merah bubuk)
2 sdt Kunyit bubuk (atau 1 sdt Kunyit segar tumbuk)
1 sdt Garam Masala (tumbuk halus lada hitam,cardamom hitam dan hijau, kayumanis, cengkeh, biji pala dan jinten)
Garam dan Gula, secukupnya
Air secukupnya untuk gravy/kuah
Minyak mustard, secukupnya untuk menumis  (kalau gak ada minyak sayur aj)



Masak Yuuk :

Di wajan besar tumis bawang bombay cincang sampai harum dan kecoklatan, tambahkan bawang putih halus aduk, lalu tambahkan jahe halus aduk diamkan beberapa saat lalu tambahkan cabe rawit, tomat dan bumbu yg lain kecuali Garam Masala dan Daun Salam, aduk rata dan tambahkan air, diamkan sampai mendidih dan semua bumbu tercampur rata dan halus.

Setelah mendidih masukkan daun salam dan ikan yg sudah dicuci bersih, aduk sampai semua ikan rata tertutup bumbu, di api sedang tutup wajan dan diamkan kira2 10 menit, aduk sekali lagi, cicipi dan tambahkan bila ada yg kurang dengan selera anda, kecilkan api dan diamkan sampai ikan matang bumbu meresap. Untuk kuah atau gravy bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan selera, beberapa saat sebelum diangkat, taburi garam masala tidak usah di aduk lagi.

Angkat dan sajikan dengan chapatti (roti gandum) atau nasi putih.




Happy cooking & eating ^_^


No comments: