Monday, October 17, 2011

Nasi Manis ala Pakistan (Sweet Rice)

Mitha Chawal


Sweet Rice ini hampir menjadi hidangan pokok dalam setiap kesempatan baik pesta atau jamuan kematian, isinya bisa disesuaikan dengan selera masing2.


Bahan :


1 cup besar Beras panjang, kira-kira 1 kg (Basmati dan sejenisnya), buang gabah dan kotran lainnya cuci bersih tiriskan.
1 cup besar Gula pasir, kira-kira 1 kg  
1 cup besar air (cup uk.Beras dan Gula)

Note : Beras, Gula dan Air  perbandingannya 1:1:1

1 sdt Pewarna (umumnya kuning jingga, tapi gambar ini saya buat dari beberapa warna agak susah kalau baru mau nyoba...heheh)
3-4 bh Kapulaga hijau (cardamom)
3 cm Kayu manis
100 gr Kacang almon, hancurkan jangan terlalu halus, asal hancur saja.
100 gr Kismis
100 gr Kelapa kering (kopra), iris tipis
300 ml Ghee atau Margarine, bisa disesuaikand dengan selera


Masak Yuuk :

Rebus air di panci besar sampai mendidih, tambahkan pewarna dan beras yg sudah dicuci bersih. biarkan beberapa saat sampai beras setengah lunak, jangan sampai lunak. Angkat tiriskan. Kalau warna nya tidak sesuai bisa ditambahkan.

Di wajan besar yg lain, masukkan ghee/margarine setelah agak panas masukkan kapulaga dan kayumanis sampai harum, masukkan gula pasir aduk rata lalu tambahkan air dan biarkan sampai mendidih dan gula larut. Masukkan beras yg sudah menjadi nasi 1/2 matang dan sudah diberi pewarna dan tiris airnya. Aduk nasi sampai tercampur rata dengan larutan gula. Kecilkan api, tutup atas nasi dengan serbet bersih basah. Diamkan sampai benar2 matang, aduk perlahan dari bawah ke atas, matikan api lalu masukkan campuran almond, kismis dan kelapa kering, aduk rata.

Sweet rice bisa dinikmati dengan milk tea atau minuman lain sesuai selera anda. biasanya orang Pakistan menambahkan dahin (yoghurt plain) pada sweet rice yg mereka santap.



Happy cooking & eating ^-^

No comments: