Friday, November 22, 2013

Asam Pedas Ikan Patin

Sumber : Sajian Sedap


Resep ini saya ambil dari Sajian Sedap dan sudah saya sesuaikan dengan selera saya. 
Karena saya kurang suka pedas jadi saya kurangi porsi cabainya di resep ini, hasilnya memang tidak merah dan lebih mirip warna gulai, tapi soal rasa tetap asam pedas bukan gulai yang menggunakan santan. Daripada ribet ngurusin warnanya, mending dicoba aja yuukk ibu-ibu, gampang kok (^_^) 


 Bahan :


1 ekor (800 gram), Ikan patin (di Pakistan namanya Singhari Fish)  bersihkan, potong-potong, tiriskan
1 bth, Serai
1 cm, Lengkuas
1 cm, Jahe (memarkan)
1 sdm, Asam Jawa
Air secukupnya
Minyak sayur, secukupnya, untuk menumis


Bumbu Halus :


1 bh, Bawang bombay, uk.sedang, cincang halus
4 siung, Bawang putih
3 bh, Cabe merah kering (bisa ditambah sesuai selera)
1/2  sdt, Terasi
1 cm, Kunyit
2 sdt, Garam
1 sdt, Gula pasir


Yuuk Masak :

Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, lengkuas, jahe, dan serai sampai harum.


Masukkan ikan. 


Aduk sampai berubah warna.


Masukkan asam Jawa


Lalu tambahkan air. 


Masak sampai matang dan kuah mengental, cicicpi jika ada yang kurang, angkat


 Asam Pedas Ikan Patin sipa dihidangkan


 Siram diatas nasi putih seperti kesukaan saya



Happy cooking and eating ^_^

No comments: