Tuesday, August 20, 2013

Kare Ayam Cirebon

Lebaran tahun ini maunya buat sesuatu yang berbeda tapi tetep ada rasa-rasa Opor-nya, googling sana-sini akhirnya dapet nih resep dari NCC (by Ellen Widyasari), kebetulan Bapak saya dari Cirebon jadi berkenalan dengan kuliner leluhur boleh juga dicoba (^_^)).
Jadilah lebaran tahun ini saya buat Kare Ayam Cirebon dan rasanya bener-bener mantep, terimakasih Mbak Ellen, uenakk temen jehh (^_*))



Resepnya sudah saya sesuaikan dengan selera saya dan dengan keterbatasan bahan-bahan juga tentunya tapi tidak mengurangi kelezatannya, resep asli bisa lihat disini ncc lontong-kare-ayam-sambel-goreng-cirebon yuukkk langsung aj di coba.
Bahan :

5-6 potong Ayam, bersihkan cuci bersih, tiriskan
500 ml, Santan (400 ml kental + 100 ml cair), saya gunakan santan kalengan.
1 btg, Sereh, keprek
2 lbr, Daun salam
1 sdt, Kulit jeruk lemon, cincang halus (pengganti kulit jeruk bisa di skip)
1 sdm, bawang goreng

Bumbu halus :

1 bh, Bawang bombay ukuran sedang, iris halus
6 siung,  Bawang putih
4 butir,  Kemiri
1/2 sdt, Ketumbar
1 cm, Jahe
1 sdt, Kunyit bubuk


Yuuk Masak :

Tumis bumbu halus hingga harum dengan api sedang


Masukkan serai,daun salam dan kulit lemon cincang.


Masukkan potongan ayam


Aduk hingga ayam berubah warna.


Masukkan santan.  


Tambahkan juga bawang goreng,gula dan garam.


Masak hingga ayam empuk dan santan mengental, kalau suka encer bisa ditambahkan air.


Cicipi jika ada yang perlu ditambahkan


Angkat sajikan dengan pelengkapnya,  Lontong dan Sambel Goreng Cirebon.

Happy cooking and eating ^_^


No comments: